Aneka
Mengenal Istilah dalam Jual Beli Online di Indonesia

Mengenal Istilah dalam Jual Beli Online di Indonesia

Oleh | Selasa, 12 Maret 2019 06:18 WIB | 44 Views | Comments

Hai sahabat semuanya, seperti yang kita tahu sekarang jika bisnis online begitu sangat merebak dengan membaiknya infrastruktur Internet dan semakin terbiasanya masyarakat Indonesia membeli barang secara online, nah untuk yang belum tau, berikut ini beberapa istilah yang bakal sering kita temui.

COD - Cash on Delivery
Sistem ini adalah merupakan sistem pembayaran yang dilakukan di tempat pembeli, misalnya kita beli baju atau beli makanan secara online, nah pembayarannya diberikan kepada orang yang mengantarkan barangnya, bisa penjualnya langsung atau kurir.

PL - Preloved
Secara sederhana adalah menjual barang bekas, tapi masih bagus dan layak untuk dipakai kembali, umumnya mereka yang menjual preloved adalah artis, artis instagram atau bahkan masyarakat biasa. Biasanya barangnya hanya sekali dua kali pakai, atau bahkan belum pernah dipakai. Biasanya berupa pakaian, aksesoris dan terkadang ada juga kosmetik mahal yang baru terpakai sedikit.

PO - Pre Order
Pemesanan barang yang posisi stoknya belum ada, biasanya untuk produk-produk tertentu yang produksinya tidak masih dan tidak banyak, jadi harus diorder dulu dengan membayar sebagian atau bisa juga lunas. PO biasanya digunakan oleh barang-barang yang belum launching tapi antrian sudah menunggu, atau terkadang pula untuk produsen produk yang membutuhkan "modal" sebelum produksi.

Marketplace
Marketplace secara sederahana adalah mall online atau pasar online, sebuah situs yang merupakan kumpulan para penjual dari berbagai produk dan mempertemukan antara penjual dan pembeli. Marketplace umumnya akan menampung uang pembayaran terlebih dahulu, selanjutnya uang akan ditransfer ke mitra setelah produk dipastikan sampai ke pembeli.

Dropsip
Ada model penjual yang menjual barang tetapi tidak memiliki stok barang. Sebagai contoh A adalah penjual baju, B adalah pembeli, dan C adalah pemilik produk. A bertransaksi dengan B untuk sebuah baju, spesifikasi didetailkan oleh B kepada A secara online, kemudian B menginformasikan ke C untuk mengirimkan barangnya, B mendapatkan keuntungan dari margin penjualan. Beberapa marketplace di Indonesia sudah mendukung model penjualan seperti ini.

Reseller
Pihak atau persoal yang menjual barang dengan harga grosiran sesuai ketentuan suplier dan dijual kembali dgn untung tak seberapa. Bisa dengagn cara dropsip atau memiliki stok sendiri yang dibeli terlebih dahulu dari penjual utama.

DP  - Down Payment
Down Payment adalah pembayaran awal, pembayaran yang biasanya untuk tanda jadi, selanjutnya sisanya dilakukan sesuai kesepakatan. Bila sudah lunas, barang baru akan dikirimkan. Down Payment juga bisa dikombinasikan dengan COD, pembayaran awal dilakukan misal dengan cara transfer selanjutnya pelunasan dilakukan di tempat pembeli.

Ongkir - Ongkos Kirim
Ongkir sebenarnya merupakan kependekan dari Ongkos Kirim, ongkos kirim dihitung dari berat barang yang akan dikirimkan baik dihitung secara berat saja atau dikombinasikan dengan volume barang. Ongkos kirim sangat juga tergantung jenis layanananya (berapa lama kirim) dan juga jarak yang ditempuh. Sebagian marketplace di Indonesia menggratiskan ongkir atau sering disebuat sebagai Free Ongkir.

Minor
Istilah minor dikenal sebagai pemesanan minimal untik bisa bebas ongkir atau free ongkir. Misalnya ongkir akan menjadi gratis bila pembeli sudah memesan barang lebih dari 100.000.

Keep
Istilah ini digunakan oleh pembeli yang meminta penjual untuk menyimpan barang yang ia pesan, dan akan dibayar sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan.

PM - Private Message
Adalah pesan pribadi menggunakan media online chat, biasanya digunakan untuk bertransaksi dengan menggunakan aplikasi short messaging, PM dikenal juga di Indonesia dengan istilah Japri atau Jalur Pribadi.

DO - Delivery Order
Adalah model penjualan yang dikirimkan langsung oleh penjual, artinya pembeli bisa pesan secara online dan melakukan pembayaran, barang akan segera dikirimkan. Biasanya untuk produk-produk makanan yang tidak jauh dari tempat penjual.

Hit and Run
Istilah ini sebenarnya untuk menggambarkan kondisi pembeli yang sudah melakukan order tetapi tidak kunjung melakukan pembayaran atau istilah sakleknya adalah kabur setelah pesan dan tanpa bayar

SCDD - Siapa Cepat Dia Dapat
Sepertinya tidak terlalu membutuhkan penjelasan lebih lanjut untuk istilah ini, intinya barangnya sudah ada dan siapa yang cepat membeli akan kebagian.

WTS - Want To Sell
Adalah sebuah ungkapan keinginan dari si penjual untuk menjual barang dagangannya. Biasanya kata-kata WTS digunakan sebagai judul dari thread atau tautan promosi barang dagangan si penjual.

WTB - Want To Buy
Adalah ungkapan leinginan calon pembeli untuk membeli barang yang dibutuhkannya. Biasanya para pengguna WTB mengharapkan para pembaca yang berniat menjual barang yang sesuai dengan keinginannya untuk menawarkan kepadanya.

PnP - Plug and Play
Penjelasan mengenai barang yang dijual, dimana barang yang dibeli dapat langsung dipasang dan digunakan tanpa harus ada konfigurasi khusus, install driver ini itu dan yang lainnya.

OEM- Original Equipment Manufacturer
OEM adalah singkatan dipakai untuk menjelaskan bahwa barang yang dijual adalah barang asli dari pabrik namun tidak dibungkus dalam kemasan bagus. Barang OEM bisa didapat dari bagian produk asli yang sudah tidak dipakai atau pembelian dalam jumlah yang besar.

Nyabar - Nyari Barang 
Istilah bagi calon pembeli yang sedang mencari barang untuk dibeli. Ditulis sebelum menyebutkan spesifikasi barang yang ingin dibeli.

CLBK - Chat Lama Beli Kagak
Merupakan ungkapan kekesalan yang diberikan oleh penjual, bisa juga disebut sebagai cemoohan. Cemoohan ini biasanya diberikan ke calon konsumen yang banyak bertanya, namun pada akhirnya tidak jadi beli.

Palkor
Istilah ini hampir sama artinya dengan PHP atau penipu. Cemoohan ini diberikan ke untuk calon pembeli yang sudah banyak bertanya tentang produk dan ongkos kirim, meminta total biaya yang harus dibayar, namun malah menghilang saat sudah menerima rincian total biaya, waktu transfer dan tanggal pengiriman barang.

Out of Stock
Barang yang dijual sudah habis persediaannya atau dikenal pula dengan istilah stok habis

Restock
Adalah proses untuk mengisi kembali stok yang telah habis, biasanya dilakukan pada barang-barang tertentu yang penjualannya tinggi

SFS - Share for Share
SFS artinya dua pemilik barang atau online shop saling mempromosikan produk dan atau situs mereka. Biasanya mereka membuat group WA terlebih dahulu untuk saling berkomunikasi

Ori - Original
Barang original alias murni diproduksi, diseleksi, dan diberi merk oleh pembuat produk tersebut sehingga kualitas barang benar-benar terjaga. Barang ORI biasanya didominasi produk-produk elektronik.

KW Super
Istilah yang digunakan penjual atau reseller untuk memasarkan barang replika alias palsu. Produk jenis KW Super biasanya mengikuti bahan dan tampilan barang asli semirip mungkin, namun sama sekali tidak terjamin kualitasnya (meskipun dilengkapi dust bag atau sertifikat tiruan).

KW 1
KW 1 adalah istilah yang digunakan penjual untuk memasarkan barang palsu yang dijual dengan embel-embel merk ternama. Tidak ada yang bisa memastikan perbedaan kualitas antara KW 1 dan KW 2 atau KW 3, sehingga kesimpulannya semua yang masuk dalam kategori ini sama-sama barang tiruan dengan kualitas yang perlu diragukan.

Semoga bermanfaat :)

Diary Siti Salamah Azzahra





Aneka Lainnya
Kampanye Tanpa “Kresek”
Kamis, 28 Februari 2019 07:07 WIB
Kampanye Tanpa “Kresek”
Program lingkungan yang dikemukakan oleh kedua calon tidak ada satu pun yang bersifat holistik dan menyeluruh, padahal ada hal yang sangat krusial yang mereka lupakan yaitu permasalahan sampah plastik. Sampah plastik begitu banyak bentuknya, yang paling kita kenal karena hampir setiap hari kita menggunakannya adalah kantong plastik atau lebih familiar dengan istilah “kresek”.
Menyembunyikan Sedih, Mendatangkan Kebahagiaan
Senin, 12 Februari 2018 00:23 WIB
Menyembunyikan Sedih, Mendatangkan Kebahagiaan
Setiap manusia pasti pernah merasakan yang namanya sedih, banyak sebab tentunya, bahkan Rosullullah-pun beberapa kali tercatat sangat sedih, sedih ketika ditinggal meninggal kakeknya Abdul Muthalib juga istri tercintanya, Siti Khadijah.
Senjakala Koran dan Majalah Cetak Indonesia
Rabu, 10 Januari 2018 09:55 WIB
Senjakala Koran dan Majalah Cetak Indonesia
Koran dan majalah adalah dua media yang mampu mengubah dunia dalam seabad terakhir. Koran dengan karakternya yang cepat dan aktual membuat koran menjadi satu-satunya media terpercaya dalam menyampaikan berita kepada pembaca, kejadian sore hari atau malam hari, sudah dapat dibaca pada pagi hari di koran atau harian pagi,
Muslimah Multitalenta
Selasa, 18 Agustus 2015 17:50 WIB
Muslimah Multitalenta
Kadang kita berfikir bahwa yang multitalenta adalah artis atau profesional. Suami kita sering membanggakan mereka diluar sana yang mempunyai banyak kemampuan. Tapi taukah muslimah, ketika kita menjadi seorang ibu secara otomatis kemampuan kita menjadi multi.