Bahasa Indonesia
Kemanakah Seharusnya Rujukan Kamus Bahasa Indonesia Daring Yang Baik?

Kemanakah Seharusnya Rujukan Kamus Bahasa Indonesia Daring Yang Baik?

Oleh | Sabtu, 05 Januari 2019 12:49 WIB | 391 Views | Comments

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) saat ini begitu sangat tebal bila dalam versi cetaknya, hal ini menyebabkan banyak diantara kita yang menjadikan KBBI daring sebagai rujukan. Lalu, situs yang mana yang sebaiknya kita gunakan sebagai rujukan?

Ada dua buah kamus besar bahasa indonesia berbasis daring yang populer di internet dan sering digunakan, yaitu kbbi.web.id dan juga kbbi.kemdikbud.go.id, keduanya memiliki navigasi yang sama, mudah dalam penggunaannya dan memiliki data yang nyaris sama. Hal ini tentu membuat kita bingung memilih sebagai rujukan, khususnya untuk makalah atau artikel yang kita buat. Oleh karena itu kita akan coba kupas satu persatu.

kbbi.web.id
Secara teknis, website KBBI ini terdaftar tanggal 30 April 2012, sudah cukup lama untuk ukuran sebuah domain (aged domain). Situs ini saat ini ter-hosting di layanan komputasi awan Digital Ocean Singapura. Jika kita membaca apa yang tertulis dalam situs KBBI.web.id ini, pengelola dengan tegas mengatakan bahwa situs ini adalah situs KBBI tidak resmi. Namun demikian, sejujurnya saya menganggap bahwa KBBI disitus ini memiliki fitur lebih menarik, seperti adanya pencarian populer, bisa mencari beberapa kata sekaligus dan fitur lainnya. Fitur menarik lainnya adalah adanya definisi luar, fitur ini merupakan keterangan dari sebuah kata yang tidak tercantum dalam kamus, oleh karena itu KBBI.web.id menggunakan istilah definisi luar untuk menerangkan kata yang dicari. Pengelola juga mengungkapkan bahwa data dasar yang dipakai adalah data yang berasal dari Pusat Bahasa (Kemendikbud) yaitu KBBI versi ketiga.

Situs ini menurut saya jelas bukan versi resmi mengingat ada space iklan dihalaman webnya, pikir saya ini adalah cara bagaimana untuk bertahan hidup, membiayai operasional pengelolaan web dan juga infrastrukturnya.

kbbi.kemdikbud.go.id
Situs ini adalah situs milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang menaungi Pusat/Badan bahasa. Secara teknis, situs ini adalah situs resmi KBBI, karena data yang digunakannya adalah data resmi milik Pusat Bahasa. Walaupun hadir dengan fitur yang lebih sederhana, data yang disajikan tentu lebih terpercaya. Saya meyakini bahwa data yang digunakan adalah data kamus versi terakhir, kalau tidak salah versi kelima.

Harus pilih mana?

Hemat saya, penggunaan 2 kamus daring itu bisa disesuaikan dengan kebutuhannya, walaupun sebenarnya memilih salah satu lebih baik. Jika untuk rujukan non akademis, saya merekomendasikan anda untuk menggunakan KBBI.web.id, karena kemudahan fitur pencarian dan fitur lainnya. Namun jika anda akan menggunakan untuk rujukan akademis seperti pembuatan makalah, jurnal dan produk akademis lainnya, saya sarankan menggunakan KBBI Resmi dari Kemdikbud. Semoga bermanfaat.

Diary Siti Salamah Azzahra





Bahasa Indonesia Lainnya
Kenapa Huruf P Sering Sekali Ada di Singkatan-Singkatan di Indonesia
Jum'at, 28 Juni 2019 06:49 WIB
Kenapa Huruf P Sering Sekali Ada di Singkatan-Singkatan di Indonesia
Pernahkah Anda bertanya, kenapa kita sering sekali menemukan huruf P dalam berbagai singkatan di Indonesia? Misalnya kita sering menemukan singkatan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) atau dalam bentuk lain seperti Persib dan Persija. Kita buka yuk misterinya.
Suatu Saat, Orang Berbahasa Indonesia Baik dan Benar Akan Dianggap Aneh
Rabu, 09 Januari 2019 06:33 WIB
Suatu Saat, Orang Berbahasa Indonesia Baik dan Benar Akan Dianggap Aneh
Percaya atau tidak, suatu saat akan datang dimana orang indonesia yang berbicara dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar akan terlihat aneh oleh lingkungannya, mungkin saja bisa dianggap sebagai "Alien" yang baru turun ke bumi. Tanda-tandanyapun sudah sering terlihat.
Bahasa, Sang Pemersatu Sekaligus Media Pemecah Belah
Selasa, 25 Desember 2018 10:20 WIB
Bahasa, Sang Pemersatu Sekaligus Media Pemecah Belah
Pacul itu alat untuk mencangkul, tapi tidak sedikit kasus pembunuhan yang menggunakan cangkul, kaca begitu indah untuk bercermin, namun tak sedikit yang terluka menggunakan kaca, begitu pula dengan bahasa, bahasa adalah pemersatu, namun tidak sedikit perpecahan juga disebabkan karena bahasa.
Bahasa Indonesia, Diantara Hoax dan Kebenaran
Rabu, 31 Oktober 2018 08:13 WIB
Bahasa Indonesia, Diantara Hoax dan Kebenaran
Sebagai bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi setiap harinya, Bahasa Indonesia juga digunakan oleh para pembuat berita palsu atau Hoax, bahkan sangat mungkin Bahasa Indonesia digunakan dengan struktur yang baik dan kebahasaan yang baik pula. Hal ini menjadi penting untuk para pembuat Hoax, karena dengan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dapat meningkatkan kepercayaan terhadap isi berita.