Bahasa Indonesia
Kenapa Huruf P Sering Sekali Ada di Singkatan-Singkatan di Indonesia

Kenapa Huruf P Sering Sekali Ada di Singkatan-Singkatan di Indonesia

Oleh | Jum'at, 28 Juni 2019 06:49 WIB | 28 Views | Comments

Pernahkah Anda bertanya, kenapa kita sering sekali menemukan huruf P dalam berbagai singkatan di Indonesia? Misalnya kita sering menemukan singkatan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) atau dalam bentuk lain seperti Persib dan Persija. Kita buka yuk misterinya.

Dalam bahasa Indonesia, huruf P menjadi bagian dari huruf-huruf penyusun imbuhan, seperti kita ketahui, ada beberapa imbuhan dalam Bahasa Indonesia, yang sering kita kenal adalah awalan, sisipan dan akhiran. Nah, huruf P sering sekali digunakan dalam imbuhan awalan seperti imbuhan pe dan per yang memiliki fungsi yang berbeda.

Awalan pe berfungsi membentuk kata benda dan kata kerja, kata sifat, dan kata benda sendiri. Seperti penguji, pemisah, pemirsa, penerjemah, penggubah, pengubah, penatar, penyuruh, penambang yang memiliki makna pelaku yang terbentuk dari kata dasar yang diberi awalan pe. Awalan pe juga bisa digunakan untuk hal lain seperti perekat (alat untuk), pencuri (orang yang gemar), perasa (alat untuk). Begitu juga dengan awalan per yang memiliki fungsi sendiri.

Imbuhan Pe dan per sering sekali berkolaborasi dengan akhir -an sehingga membentuk kata baru yang memiliki makna baru. Sebagai contoh adalah dari kata dasar satu menjadi persatuan yang memiliki makna bukan lagi bilangan tetapi sebuah proses atau kondisi, begitu pula dengan contoh lain seperti perhubungan yang berasal dari kata dasar hubung.

Lalu Kenapa Sering tersebut dalam singkatan?

Nah ini adalah intinya, dalam singkatan-singkatan yang digunakan di Indonesia, kita sering kali menemukan singkatan digunakan untuk menyingkat sebuah proses, menyingkat sebuah nama lembaga sedangkan nama sebuah lembaga biasanya diambil dari fungsi atau tugas pokok lembaga itu. Sebagai contoh BNPB yang bertugas menanggulangi bencana, maka ada proses Penanggulangan di dalamnya. Hal yang sama di lembaga pembuat rencana atau perencanaan. Jadi sudah tentu sering memakai huruf P dalam singkatannya.

Selain mengambil huruf P-nya saja dalam sebuah singkatan, huruf P juga sering diambil dalam singkatan yang mengambil suku kata seperti Persib (per-sib) yang merupakan singkatan dari kata Persatuan.

Jadi sudah tahu ya kenapa huruf p sering kali mendominasi banyak singkatan di Indonesia? Semoga bermanfaat ya.

Diary Siti Salamah Azzahra





Bahasa Indonesia Lainnya
Suatu Saat, Orang Berbahasa Indonesia Baik dan Benar Akan Dianggap Aneh
Rabu, 09 Januari 2019 06:33 WIB
Suatu Saat, Orang Berbahasa Indonesia Baik dan Benar Akan Dianggap Aneh
Percaya atau tidak, suatu saat akan datang dimana orang indonesia yang berbicara dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar akan terlihat aneh oleh lingkungannya, mungkin saja bisa dianggap sebagai "Alien" yang baru turun ke bumi. Tanda-tandanyapun sudah sering terlihat.
Kemanakah Seharusnya Rujukan Kamus Bahasa Indonesia Daring Yang Baik?
Sabtu, 05 Januari 2019 12:49 WIB
Kemanakah Seharusnya Rujukan Kamus Bahasa Indonesia Daring Yang Baik?
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) saat ini begitu sangat tebal bila dalam versi cetaknya, hal ini menyebabkan banyak diantara kita yang menjadikan KBBI daring sebagai rujukan. Lalu situs yang mana yang sebaiknya kita gunakan sebagai rujukan?
Bahasa, Sang Pemersatu Sekaligus Media Pemecah Belah
Selasa, 25 Desember 2018 10:20 WIB
Bahasa, Sang Pemersatu Sekaligus Media Pemecah Belah
Pacul itu alat untuk mencangkul, tapi tidak sedikit kasus pembunuhan yang menggunakan cangkul, kaca begitu indah untuk bercermin, namun tak sedikit yang terluka menggunakan kaca, begitu pula dengan bahasa, bahasa adalah pemersatu, namun tidak sedikit perpecahan juga disebabkan karena bahasa.
Bahasa Indonesia, Diantara Hoax dan Kebenaran
Rabu, 31 Oktober 2018 08:13 WIB
Bahasa Indonesia, Diantara Hoax dan Kebenaran
Sebagai bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi setiap harinya, Bahasa Indonesia juga digunakan oleh para pembuat berita palsu atau Hoax, bahkan sangat mungkin Bahasa Indonesia digunakan dengan struktur yang baik dan kebahasaan yang baik pula. Hal ini menjadi penting untuk para pembuat Hoax, karena dengan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dapat meningkatkan kepercayaan terhadap isi berita.